Thursday 26 September 2019

Menghadapi Wawancara



Tips Menghadapi Wawancara Secara Offline



    1.  Persiapkan diri
Membuat daftar pertanyaan-pertanyaan umum yang cenderung diberikan pada saat wawancara kerja dapat membantu dalam  memberikan jawaban yang lebih tepat. Siapkan pertanyaan dan jawaban yang menurut anda (bayangkan diri anda sebagai direksi perusahaan) sesuai. Jika pertanyaan tersebut keluar pada saat wawancara pasti akan dengan lancar dalam menjawab pertanyaan tersebut.

    2.  Perlihatkan poin plus 
Persiapkan nilai-nilai plus (siapkan 3-5 poin) yang menjelaskan alasan mengapa anda pantas diterima, dan menyatakan kemampuan-kemampuan anda untuk posisi yang sedang diincar. Dengan menunjukkan nilai lebih anda, tentu akan membantu perusahaan untuk memastikan bahwa anda adalah calon yang sesuai.

    3.  Manfaatkan waktu dengan maksimal
Ketika seorang pegawai mewawancarai anda, maka sebaiknya manfaat waktu anda semaksimal mungkin, berikan jawaban yang jelas jika anda memang benar benar ingin diterima tanpa berbelit belit.
Ketika waktu telah ditetapkan maka anda haruslah fokus terhadap apa yang dipertanyakan usahakan jangan sampai anda gugup karena akan membuat jawaban anda tidak maksimal.
Seorang pewawancara bisa memutuskan anda diterima atau tidak dalam waktu tersebut sehingga berhati hatilah ketika menjawab.

    4.  Bawalah cv diri anda
Membawa resume ketika anda melakukan wawancara dapat membantu pewawancara untuk mereferensi kembali pengalaman studi atau bekerja anda. Dengan cara ini tentu dapat menghemat waktu untuk anda dalam memberikan jawaban yang sesuai dengan resume dan dapat mengalihkan respon jawaban kepada poin-poin positif yang dimiliki.

    5.  Kenalilah perusahaan tempat melamar
Mengetahui seluk beluk perusahaan tempat anda melamar sangatlah penting karena perusahaan akan mempekerjakan calon yang telah mengerti perusahaan tersebut. Dengan mengenali perusahaan yang diinginkan.

    6.  Gerak-gerik dan bahasa tubuh yang sesuai
Pewawancara akan memperhatikan mulai dari momen anda masuk ke dalam ruangan wawancara. Pakaian yang anda kenakan, jabat tangan yang diberikan hingga kontak mata dapat menjadi penilaian kesuksesan suatu wawancara. Fokuskan pewawancara pada kualitas yang anda miliki untuk posisi pada perusahaan.


Tips Menghadapi Wawancara Secara Online



     1.  Cek apakah koneksi internet dan sarana pendukung lainnya siap digunakan?
Hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah koneksi internet yang stabil dan sarana pendukung lainnya dalam kondisi yang baik. Hal ini untuk mencegah tidak terjadinya gangguan teknis komunikasi.
Koneksi internet yang anda miliki mungkin akan lancar digunakan untuk browsing atau menjelajah media sosial. Namun, apakah cukup lancar digunakan untuk video call?
Anda perlu memastikan hal tersebut. Untuk memberikan kesan profesional, siapkan alat pendukung presentasi sebaik mungkin. Mulai dari gadget yang digunakan, speaker atau headset, aplikasi pendukung video, pencahayaan, hingga lainnya yang dapat memengaruhi kualitas wawancara online.

     2.  Pilih lokasi yang baik
Pilihlah lokasi atau tempat untuk wawancara online. Tidak ada batasan di mana anda bisa melakukan wawancara online.
Hindari public acces, semisal kafe, restoran, dan lainnya. Sebab akan banyak gangguan yang bisa mengganggu kelancaran wawancara online yang anda lakukan. Jika perlu, gunakan latar belakang dinding sebuah ruangan sehingga menghindari adanya gangguan-gangguan dari orang yang lewat.
Duduklah di depan jendela ataupun dengan pencahayaan yang mengarah ke wajah. Dengan begitu, nantinya dapat menerangi wajah anda meskipun ruangan dalam kondisi gelap.

     3.  Menjaga penampilan
Meskipun dilakukan  secara online, tetap perhatikan penampilan anda. Sesuaikan pakaian yang anda gunakan dengan karakter dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, nantinya anda terkesan lebih profesional. Atau setidaknya gunakan baju formal layaknya wawancara tatap muka.
Posisikan diri sebaik mungkin mulai dari tampilan di kamera hingga bahasa tubuh yang juga akan dinilai oleh pewawancara
Pastikan posisi kamera sudah benar dan membuat wajah terlihat dengan jelas. Posisikan kamera agar pas dengan wajah dan memperlihatkan kesan profesional di dalam dirimu. Usahakan agar pewawancara bisa melihatmu setengah badan atau sebatas siku. Duduklah dengan tegak dan tenang, jangan terlalu dekat dengan kamera.

4. Lihatlah ke arah kamera, bukan melihat wajah pewawancara atau justru sibuk memerhatikan diri sendiri di layar kamera
Kebanyakan orang menatap lawan bicaranya di layar komputer mereka. Padahal, untuk melakukan imitasi kontak mata dalam percakapan video call, kamu harus menatap ke arah kamera komputermu. Apalagi jika kamu terlalu sibuk memandangi diri sendiri di pojok layar komputer. Selain pewawancara akan menilaimu narsis, terlalu sering memandangi diri sendiri juga akan membuatmu menjadi kurang konsentrasi dalam melakukan presentasi atau menjawab pertanyaan. Boleh sesekali memandang diri sendiri untuk mengoreksi posisi, namun lebih banyaklah menatap pewawancara ke arah kamera.

Referensi :


No comments:

Post a Comment